6 September 2024 3:48 pm

Rekomendasi Makanan Legendaris Jogja yang wajib dicoba...!!!

Rekomendasi Makanan Legendaris Jogja yang wajib dicoba...!!!
Sobat lagi liburan di Jogja tapi masih bingung mau makan yang enak yang khas Jogja banget, sobat Ardes semua jangan khawatir disini mimin rekomendasikan makanan legendaris Jogja yang pastinya enak dan cocok buat dijadikan pilihan. Selain terkenal sebagai kota pelajar dan kota wisata, Jogja juga merupakan surga kuliner buat sobat yang suka berburu makanan khas daerah. Menghabiskan liburan sambil menyantap dan menikmati kuliner khas Jogja dengan temen dan keluarga bisa jadi pengalaman seru buat sobat Ardes semua....
Nah berikut ini beberapa rekomendasi makanan legendaris di Jogja yang wajib Sobat coba saat tour ke Jogja....

1. Gudeg Mbah Lindu

Menjadi makanan khas Jogja, banyak sekali kedai gudeg yang ada di sepanjang kota Yogyakarta. Namun, satu yang tidak boleh sobat lewatkan adalah Gudeg Mbah Lindu yang legendaris. Cita rasa dari gudeg krecek, suwir, dan juga bubur gudegnya selalu membuat para penikmatnya datang lagi dan lagi.Kedai sederhana ini sudah ada sejak zaman kolonial. Rasa dan aromanya pun tak berubah meski saat ini tidak lagi dijaga oleh Mbah Lindu sebagai pemilik aslinya.
Gudeg Mbah Lindu
Gudeg Mbah Lindu
Sumber: https://newstempo.github.io/

Lokasinya berada di Jl. Sosrowijayan No.41-43, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka warung Gudeg Mbah Lindu yaitu Senin-Minggu, 06.00 – 12.00, untuk weekend biasanya pukul 09.00 WIB sudah habis sobat, jadi antri lebih pagi ya sobat. Untuk harga gudeg Mbah Lindu mulai dari Rp. 15.000-Rp. 55.000 per porsi. Dengan berbagai pilihan lauk pauk yang bermacam-macam.

2. Saoto Bathok Mbah Katro

Saoto Bathok adalah salah satu kuliner mblusuk terkenal di Jogja. Lokasinya memang jauh dari jalan raya, tetapi pengunjungnya tak pernah sepi. Uniknya, soto di sini disajikan dalam mangkok yang terbuat dari batok kelapa. Uap hangat yang mengepul dari soto dengan taoge dan irisan daging sapi ini menggugah selera.
Saoto Bathok Mbah Karto
Saoto Bathok Mbah Karto
Sumber: https://ksmtour.com/

Setelah melewati bandara Adisutjipto tepatnya di Jalan Candi Sambisari, Yogyakarta, sobat belok kiri ke jalan yang menuju ke Candi Sambisari. Menyusuri jalan kampung sepanjang 2,5 km, sobat akan tiba di Saoto Batok Mbah Katro. Meskipun masih pagi, sudah banyak kendaraan pengunjung yang terparkir rapi di pinggir jalan. Warung soto ini buka setiap hari mulai pukul 06.00-16.00 WIB, namun sering sebelum jam 16.00 sudah habis jadi mimin sarankan datang di pagi hari ya sobat. Untuk harga satu mangkok soto mulai Rp.6.000 per porsi, lauk pauk Rp. 500, sate-satean Rp. 2.000, minuman Rp. 2.500. Sangat terjangkau dan pastinya sudah terjamin enaknya ya sobat.

3. Sate Klathak Pak Bari

Sate klathak adalah sate kambing yang dibakar di atas bara api menggunakan tusuk dari jeruji besi sepeda. Penggunaan jeruji besi sebagai pengganti tusuk bambu ini pun dipercaya membuat daging kambing matang merata karena sifat besi yang menghantarkan panas dengan baik. sejak muncul di film AADC 2 saat Rangga mentraktir Cinta, Sate Klathak Pak Bari makin populer dan ramai pembeli. Pak Bari adalah generasi ketiga yang melanjutkan usaha kuliner sate klathak. Mulai dari Mbah Ambyah. Sudah jualan sejak sebelum kemerdekaan. Setelah itu diteruskan sama bapak dari Pak Bari yaitu Pak Wakidi. Kemudian sekitar tahun 1992 Pak Bari melanjutkan usaha sate Klatak ini.
Sate Klatak
Sate Klatak
Sumber: https://superapps.kompas.com/

Tempatnya masih sama di Pasar Jejeran Wonokromo, Jalan Imogiri Timur, Pleret, Bantul, Yogyakarta. Warung sate Klatak Pak Bari buka setiap hari mulai pukul 18.30-00.00 WIB. Harga menu mulai dari Rp. 20.000-Rp. 50.000, dengan menu best seller pastinya sate Klatak.

4. Mangut Lele Mbah Marto

Mangut lele merupakan sajian ikan lele dengan kuah santan dan bumbu gurih pedas yang khas Jawa Tengah serta Jogja. Mangut Lele Mbah Marto merupakansalah satu kuliner yang sudah legendaris di Jogja yang berjualan sejak tahun 1960 an. Mbah Marto sendiri konon sudah berjualan nasi lauk mangut lele semenjak muda dan konsiten hingga saat ini. Dulunya Mbah Marto berjualan keliling, kemudian di tahun 1989 mulai berjualan di rumahnya sendiri.

Mangut Lele Mbah Marto
Mangut Lele Mbah Marto
Sumber: https://jogjakita.co.id/

Lokasi tempat makan mangut lele legendaris ini memang agak nyempil di antara rumah-rumah sederhana kawasan perkampungan. Tepatnya berada di Rumah Mbah Marto di Jl. Sewon Indah RT 04, Ngireng-ireng, Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Seporsi nasi dengan lauk mangut lele hanya dijual sekitar Rp. 20.000 saja, dan jika paket lengkap dengan lauknya sekitar Rp. 25.000. Warung Mangut Lele Mbah Marto buka setiap hari Senin-Minggu. Jadi, Sobat bisa datang kapan saja mulai pukul 10.00 hingga 16.00 WIB.


5. Bakmi Jowo Mbah Gito

Bakmi Jowo Mbah Gito merupakan salah satu warung bakmi jowo legendaris di Jogja yang tak diragukan lagi dalam menyajikan kuliner khas Jawa yang autentik dan lezat. Mbah Gito, panggilan akrab bagi pria berusia 70 tahun ini, adalah sosok utama yang mengarahkan setiap aspek dari Warung Bakmi Jowo yang legendaris ini. Sejak warung ini pertama kali berdiri pada bulan Juni 2008, Mbah Gito telah menjadikan dirinya sebagai dalang di balik setiap detail interior dan konsep kuliner yang diusung.

Bakmi Jowo Mbah Gito
Bakmi Jowo Mbah Gito
Sumber: https://www.garnesia.com/

Warung Bakmi Jowo Mbah Gito yang legendaris ini berada di Jl. Nyi Ageng Nis No.9, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171. Warung Bakmi ini buka setiap hari mulai pukul 10.00-22.00 WIB. Harga menu di warung Bakmi Jowo Mbah Gito mulai Rp. 25.00-Rp. 45.000 per porsi.


6. Brongkos Handayani

Brongkos merupakan makanan yang mirip dengan rawon bedanya kuliner alkid jogja ini menggunakan santan. Isinya berupa kacang tolo, tahu, koyor, daging, dan telur. Brongkos Handayani pada awalnya hanya menjual es saja. Semua ini berawal pada tahun 1960 saat sang pemilik menjual es tape secara keliling. Setelah memiliki tempat tetap pada tahun 1975, sang pemilik pun mulai memperbanyak dagangannya sebagai daya tarik, salah satunya nasi brongkos. Usaha ini pun sangat laris, hingga diturunkan pada Bu Tri Suparmi yang menjadi generasi kedua.
Brongkos
Brongkos
Sumber: https://jogjakita.co.id/

Untuk lokasi warung Brongkos Handayani berada di Jalan Gading No.2, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya yang sangat dekat dengan alun-alun kidul, sehingga saya bisa mampir kesini setelah lelah berjalan-jalan di alun-alun. Menu di warung Nasi Brongkos Handayani cukup beragam mulai dari masakan Brongkos Tahu, Brongkos Telur, Brongkos Daging, Brongkos Koyor, Brongkos Ayam Bacem dan banyak pilihan menu lainya. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp.10.000 untuk brongkos tahu tanpa nasi, dan Rp. 41.000 untuk nasi brongkos komplit dan nasi brongkos daging.

Bagaimana, sudah penasaran unutk mencoba minuman-minuman khas di Jogja? Jangan lupa ya sobat kalo mau tour ke Jogja, sobat wajib mencicipi makanan legendaris yang mimin rekomendasikan. Untuk sobat yang berencana tour Jogja bisa langsung menghubungi Admin Ardes di https://www.ardestourjogja.com/ atau di sosial media Ardes @ardestourindonesia. Jadi tunggu apalagi sobat..? kalo mau liburan yang nyaman dan menyenangkan sudah pasti Ardes Tour pilihannya.
See You Sobat...
Blog Post Lainnya
Social Media
Kontak & Alamat
02742850086
085266985956
082220164585
085156574792
085174168248
ardestour@gmail.com
Pembayaran
-
-
Ardes Tour Indonesia 2024