3 September 2024 1:37 pm

Liburan ke Jogja sambil menikmati minuman khasnya yang segar...!!!

Liburan ke Jogja sambil menikmati minuman khasnya yang segar...!!!
Hallo Sobat Ardes semuanya...!!! Kita semua tahu ya sobat kalo wisata ke Yogyakarta tidak afdol kalo tidak mencicipi makanan dan minuman khasnya. Karena selain makanan dan cemilan khas Jogja juga memiliki berbagai jenis minuman tradisional yang wajib sobat coba. Ada minuman yang bisa sobat nikmati di malam hari untuk menghagatkan badan dan juga minuman dingin untuk menghilangkan dahaga di siang hari yang panas. Nah berikut ini beberapa rekomendasi minuman khas Jogja yang wajib Sobat coba saat tour ke Jogja:

1. Kopi Joss

Kopi Joss merupakan salah satu minuman yang paling populer di Jogja, atau bisa dikatakan Kopi Joss hanya bisa ditemui di Jogja. Ciri khas dari munuman ini adalah berupa seduhan kopi yang dicampur dengan bongkahan arang kecil yang masih panas meluap. Dengan rasa yang khas, ternyata campuran keduanya sangat nikmat diminum di suasana malam Jogja yang hangat dan syahdu.
Kopi Joss
Kopi Joss
Sumber: https://maroofbar.com/

Minuman khas Jogja ini dapat ditemui dengan mudah di angkringan-angkringan kawasan Malioboro. Warung-warung angkringan yang menjajakan kopi Joss biasanya buka mulai pukul 15.00-02.00 WIB dini hari. Harganya cukup murah sobat mulai dari Rp.5.000-Rp.10.000 saja untuk kopi daan minuman lainya. Sobat bisa menikmati malam di Malioboro sambil minum kopi dan jajanan angkringan yang beragam.

2. Wedang Uwuh

Selanjutnya ada Wedang Uwuh merupakan minuman tradisional khas Bantul dengan rasa yang kuat dan memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Dinamakan Wedang Uwuh karena dalam minuman ini banyak rempah-rempah seperti jahe, kayu secang, daun dan kayu manis, daun dan akar sereh, daun pala, biji pala, kapulaga dan gula batu. Banyaknya rempah tersebut yang membuat terlihat seperti "uwuh" atau dalam bahasa indonesia yaitu sampah dedaunan. Dalam sejarahnya Wedang Uwuh sudah ada sejak zaman Sultan Agung dan menjadi minuman yang dijadikan hidangan di Keraton Jogja dan menjamu tamu-tamu kerajaan. Seiring dengan perkembangan zaman Wedang Uwuh sudah bisa dinikmati dan digemari masyarakat Jogja. Bahkan saat ini sudah ada wedang uwuh sachet yang bisa sobat beli untuk dijadikan oleh-oleh.
Wedang Uwuh
Wedang Uwuh
Sumber: https://yogjo.com/

Sobat bisa membeli wedang uwuh di warung-warung angkringan dan beberapa resto di Jogja. Dan untuk wedang uwuh instan bisa sobat dapatkan di toko oleh-oleh di Jogja, atau sobat bisa datang langsung ke daerah Imogiri Bantul di jalan sebelum ke Makam Raja-raja banyak produsen wedang uwuh di sepanjang jalan yang juga menjual langsung wedang uwuh fresh dan wedang uwuh instan sebagai oleh-oleh. Harganya cukup terjangkau mulai dari Rp. 30.000 per pack berisi 10 pcs wedang uwuh instan, sobat sudah bisa membawa oleh-oleh khas dari Jogja.

3. Wedang Ronde

Wedang Ronde merupakan salah satu minuman yang melegenda yang terdiri dari kuah jahe yang diberi isian ronde. Minuman ini sangat populer di Daerah Jogja dan Jawa Tengah. Ronde terbuat dari beras ketan yang dibentuk bulat-bulat dengan isian remahan kacang tanah dan gula. Selain isian tersebut, biasanya juga ada wedang ronde yang disajikan dengan beragam bahan tambahan seperti agar-agar, kolang-kaling, roti tawar dan kacang tanah sangrai untuk menambah tekstur renyah dan gurih.
Wedang Ronde
Wedang Ronde
Sumber: https://cookpad.com/id/

Dalam sejarahnya wedang Ronde berasal dari makanan khas China yaitu dongzhi atau tangyuan yang oleh masayarakat lokal ditambahkan rempah-rempah sehingga sekarang kita kenal dengan Wedang Ronde. Sobat bisa membeli dan menikmati Wedang Ronde digerobak-gerobak di sepanjang jalan-jalan di Kota Jogja yang biasanya mulai membuka daganganya dari sore sampai tengah malam, dengan harga sangat terjangkau mulai dari Rp. 6000-Rp.10.000.

4. Es Semlo

Es Semlo
Es Semlo
Sumber: https://www.merdeka.com/

Es Semlo merupakan hidangan khas keraton Jogja kesukaan Sultan Hamengkubuwono IX. Sekilas nampak seperti setup pisang namun diberi tambahan gula pasir dan rempah seperti cengkeh dan kayu manis. Untuk bahan pembuatnya lebih lengkap sebagai berikut: buah pisang raja, air, gula pasir, batang kayu manis, cengkeh, daun pandan, sirup cocopandan (sebagai pengganti pewarna-merah), es batu secukupnya. Walaupun es semlo merupakan minuman khas keraton, saat kini es semlo sudah banyak dijual di pinggir-pinggir jalan kota Yogyakarta.

5. Limun Sarsaparilla

Limun Sarsaparilla merupakan minuman bersoda istimewa yang berasal dari Jogja dan jarang banget ditemukan di daerah lain. Minuman soda ini merupakan minuman soda pertama di Indonesia dan terbuat dari kombinasi batang tanaman sarsaparilla dan air berkarbonasi. Ada beberapa merk limun sarsaparilla, misalnya Herkules, Maeraktja, Ay Hwa, dan Minerva. Pabrik yang memproduksi Herkules di Gondomanan dan Maerakatja di Mangkubumi sudah tutup. Pabrik yang memproduksi Ay Hwa di Sleman dan Minerva masih beroperasi. Selain merk-merk itu, masih ada satu merk terbaru, yakni Indo Saparella
Limun Saparilla
Limun Saparilla
.Sumber: https://travel.tribunnews.com/

Sobat mendapatkan minuman ini warung Soto Kadipiro di Jalan Wates Kabupaten Bantul, Restoran Bale Raos di Jalan Magangan Kulon dan Warung Kepik Sawah di Jalan Godean Kabupaten Sleman. Kalau ingin melihat proses produksinya, sobat bisa datang ke pabriknya di Jalan Pandegamarta 100, Sleman. Untuk menikmati sebotol limun sarsaparilla, sobat cukup membayar sebesar Rp. 5.000. Kalau ingin sekalian dengan botolnya, sobat perlu membayar sebesar Rp. 13.000-Rp. 15.000.

6. Es Jaipong

Es Jaipong Jogja
Es Jaipong Jogja
Sumber:https://food.indozone.id/

Es Jaipong itu minuman khas Jawa Barat dari tahun 1980, namun minuman ini juga sangat populer di Jogja. Salah tempat cukup terkenal di Yogyakarta adalah Es Jaipong Mang Rasta biasanya mangkal di Jl. Di Panjaitan, Krapyak, Jogja, tepatnya di depan Ponpes Al Munawir. Dibanderol Rp3.000 saja, satu porsinya biasanya akan ada mutiara, agar-agar, nangka, cincau, roti, dan lain-lain. Jam bukanya mulai dari jam 10.00 pagi hingga sore, biasanya pukul 14.00 sudah habis.

Bagaimana sobat sudah penasaran untuk mencoba minuman-minuman khas di Jogja...? Jangan lupa ya sobat kalo mau tour ke Jogja, sobat wajib mencicipi minuman yang mimin rekomendasikan. Dan untuk rencana tour Jogja yang nyaman dan gak mau ribet sobat bisa langsung menghubungi Admin Ardes di https://www.ardestourjogja.com/ atau di sosial media Ardes @ardestourindonesia. Jadi tunggu apalagi...? mau liburan yang mudah dan menyenangkan sudah pasti Ardes Tour pilihannya.
See You Sobat...!!!
Blog Post Lainnya
Social Media
Kontak & Alamat
02742850086
085266985956
082220164585
085156574792
085174168248
ardestour@gmail.com
Pembayaran
-
-
Ardes Tour Indonesia 2024