5 September 2024 1:36 pm

Jelajahi Kota Klaten, kota kecil di sebelah timur Jogja...!!!

Jelajahi Kota Klaten, kota kecil di sebelah timur Jogja...!!!
Hallo Sobat Ardes Tour lagi mau trip ke Jogja tapi bingung cari wisata yang beda, selain di area Jogja sobat bisa menuju ke arah Timur menuju Kabupaten Klaten sebagai pilihan wisata sobat. Di sini banyak pilihan wisata yang menarik mulai dari umbul, arung jeram dan perbukitan alami. Gak usah khawatir dan binggung sobat, mimin berikan nih rekomendasi wisata yang pasti seru untuk foto dan video di Klaten buat sobat semua...!


1. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok merupakan salah satu objek wisata air yang berada di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Destinasi yang cocok untuk berlibur bersama keluarga ini pernah dipromosikan oleh Presiden Joko Widodo pada 2018 lalu. Tempat rekreasi ini memiliki air yang menyegarkan karena berasal dari sumber mata air. Memiliki luas kolam 50x25 meter dengan kedalaman 1,5-2,6 meter yang didalamnya terdapat ikan air tawar yang berwarna-warni. Dari atas kolam, pengunjung bisa melihat bagian dalam kolam karena airnya yang jernih.
Umbul Ponngok
Umbul Ponngok
Sumber: https://www.tempatwisata.pro/

Tidak hanya berisikan ikan-ikan, namun ada hal unik yang membuat wisatawan tidak bisa melewatkannya begitu saja. Sobat bisa datang bersama keluarga termasuk anak-anak, tidak perlu khawatir karena di tempat ini juga telah disiapkan area khusus yang nyaman dan aman sebagai tempat bermain anak. Lalu untuk kaum milenial yang ingin selalu tampil eksis di media sosial dengan foto-foto unik, area bawah air yang dilengkapi dengan berbagai macam properi menjadi spot yang sangat menarik untuk di-explore.
Terletak di Jl. Delanggu- Polanharjo No.Ds, Jeblogan, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.Objek wisata ini buka setiap hari Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB, dan untuk hati Sabtu-Minggu buka mulai pukul 07.00-17.00 WIB. Tiket masuk ke umbul Ponggok adalah sebesar Rp. 15.000 per orang.

2. Candi Plaosan

Candi Plaosan yang dibangun Rakai Pikatan memiliki beberapa keunikan dibanding candi lain, yaitu dua candi utamanya yang "kembar" serta teras yang permukaannya halus. Di candi ini juga terdapat figur Vajrapani, Amitbha, dan Prajnaparamitha. Kompleks Plaosan dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Kedua candi itu memiliki teras berbentuk segi empat yang dikelilingi oleh dinding, tempat semedi berbentuk gardu di bagian barat serta stupa di sisi lainnya. Karena kesamaan itu, maka kenampakan Candi Plaosan Lor dan Kidul hampir serupa jika dilihat dari jauh sehingga sampai sekarang Candi Plaosan juga sering disebut candi kembar.
Candi Plaosan
Candi Plaosan
Sumber: https://wisatahits.blog/

Beralamat di Jl. Candi Plaosan, Plaosan Lor, Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Candi ini dibuka Setiap hari Senin-Minggu mulai pukul 07.30-16.30 WIB, khusus hari Jumat jam operasional mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Tiket masuk Candi Plaosan sebesar Rp. 10.000 per orang.


3. New Rivermoon

New Rivermoon merupakan sebuah destinasi wisata di Klaten yang sudah berdiri sejak 2 tahun yang lalu. Destinasi wisata yang berlokasi di pusat Kota Klaten lebih tepatnya Pusur, Karanglo, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah ini menyediakan layanan yang bisa sobat nikmati bersama keluarga ataupun teman, mulai dari outbound, camping, fun game dan yang tidak kalah serunya yaitu tubing di kali pusur. Untuk membuat tempat wisata ini lebih nyaman dan menarik untuk dikunjungi, New Rivermoon kini juga membuka restoran outdoor yang terletak di pinggiran kali pusur. Di New Rivermoon Resto ini sobat bisa menyantap makanan ataupun minuman sembari menikmati pemandangan alam yang asri.
Rivermoon Tubing Klaten
Rivermoon Tubing Klaten
Sumber: https://tilikklaten.blogspot.com/

Tak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah nan asri, New Rivermoon Resto juga menyediakan berbagai macam menu makanan mulai dari Jawa, Oriental hingga Western yang tak kalah enaknya dari restoran bintang lima.
Buka setiap hari Senin-Minggu mulai pukul 08.00-18.00 WIB Kegiatan utama di wisata ini ada Tubing dan Outbond dengan paket harga sebagai berikut:
  • Tubing 500 meter 2 kali repitisi Rp 25.000,-/orang.
  • Tubing 2 km, dapat snack dan air mineral Rp 45.000,-/orang
  • Paket outbond mengasyikan dengan paket 1 Rp 65.000,-/orang. fun game, competition game, skill game, fun tubing, istruktur, dan dapat snack dan air mineral.

4. Bukit Sidoguro

Bukit Sidoguro Klaten ini mulanya hanya berupa bukit cadas yang kering kerontang. Tempat wisata Klaten yang baru diresmikan pada akhir tahun 2022 kemarin, meski begitu keberadaannya sudah ada sejak lama dan semakin ramai dikunjungi setelah mengalami renovasi besar-besaran.Bukit Sidoguro Klaten merupakan sebuah lokasi wisata yang kini telah mendapat sentuhan berbagai instalasi kekinian. Adanya supertree ala Gardens by The Bay Singapura yang ikonik langsung menjadi pusat perhatian. Spot-spot foto berlatar panorama alam sabuk perbukitan dari ketinggian menjadi buruan wisatawan.
Bukit Sidoguro Klaten
Bukit Sidoguro Klaten
Sumber: https://www.hipwee.com/

Wisata bukit ini dapat menjadi rujukan wisata lain saat berlibur di Kabupaten Klaten, secara wisata Klaten didominasi oleh candi dan umbul atau pemandian. Banyak spot-spot bagus dan instagramable di Bukit Sidaguro atau Bukit Turis Klaten ini untuk berswafoto bersama keluarga. Selain itu juga terdapat wahana perosotan dan ayunan yang sangat cocok untuk anak-anak. Ditambah adanya menara pandang yang bisa memotret “wajah” Klaten dan juga Gunung Merapi atau Merbabu.
Berlokasi di Sendang Nglebak, RT.1/RW.19, Nglebak, Krakitan, Kec. Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.Buka setiap hari Senin-Minggu mulai pukul 08.00-21.00 WIB, khusus hari Jumat tutup lebih awal pukul 20.00 WIB. Tiket masuk ke objek wisata sebesar Rp.10.000 per orang.

Itulah rekomendasi mimin Ardes buat sobat semuanya yang mau trip dengan pilihan destinasi yang instagrameble dan pasti menarik dan seru. Kalau Sobat mau trip ke Jogja yang nyaman gak ribet bisa langsung hubungi mimin Ardes atau cek di https://www.ardestourjogja.com/ dan sosial media Ardes @ardestourindonesia. See You Sobat....
Blog Post Lainnya
Social Media
Kontak & Alamat
02742850086
085266985956
082220164585
085156574792
085174168248
ardestour@gmail.com
Pembayaran
-
-
Ardes Tour Indonesia 2024