28 Agustus 2024 2:11 pm

Berburu Oleh-oleh Khas Gunungkidul, ada apa aja nih...?

Berburu Oleh-oleh Khas Gunungkidul, ada apa aja nih...?
Kita semua tahu ya sobat kalo ke Wisata ke Yogyakarta tidak afdol kalo tidak membawa oleh-oleh khas untuk saudara dan teman-teman di rumah. Salah satu daerah yang jadi favorit untuk liburan di Jogja yaitu Gunungkidul. Di sini ada bukit, pantai, air terjun, goa merupakan destinasi yang ada di Gunungkidul.
Kondisi geografis yang berupa perbukitan membuat tanaman singkong sebagai bahan makanan pokok masyarakat Gunungkidul. Karena itu oleh-oleh khas Gunung Kidul banyak yang terbuat dari singkong, tanaman yang banyak tumbuh di Gunung Kidul. Nah berikut ini beberapa rekomendasi yang wajib sobat icip dan coba beli saat berwisata ke Gunungkidul:

1. Tiwul

Terbuat dari singkong, tiwul menjadi panganan pengganti nasi yang lazim terdapat di Gunung Kidul. Ada 2 varian tiwul yaitu nasi tiwul yang gurih dan tiwul manis dengan tekstur lembut dan kenyal. Oleh-oleh khas Gunung Kidul yang terkenal ini sudah ada sejak zaman dulu terutama masa paceklik yang sering melanda Gunung Kidul. Untuk nasi tiwul biasanya disajikan dengan gudangan, sambal, ikan asin dan lauk pauk. Sedangkan dengan berkembangnya selera dari wisatawan saat ini tiwul manis telah memiliki rasa cokelat, kopi, gula jawa, hingga keju yang bisa sobat nikmati sebagai oleh-oleh.

Tiwul Manis Khas Gunungkidul
Tiwul Manis Khas Gunungkidul
Sumber: https://www.merdeka.com

Harganya juga sangat terjangkau sekitar Rp. 13.000 per kotak tergantung varian rasanya. Jajanan ini bisa Anda dapatkan di toko Tiwul Manis Pak Lambang, Jl. Baron No.Km. 4, Dungabah I, Duwet, Wonosari.Yang buka setiap hari mulai pukul 09.00-19.00 WIB.

2. Gatot

Gatot merupakan jajanan khas gunung kidul yang terbuat dari gaplek, hasil fermentasi singkong yang telah melewati proses panjang ini punya rasa manis gurih yang khas. Rasa manis tersebut muncul dari tambahan gula jawa saat proses pengukusan sedangkan gurihnya berasal dari parutan kelapa. Camilan ini sangat cocok menemani waktu sobatbersantai. Terlebih lagi sekarang sudah tersedia gatot kemasan kering atau instan yang mudah untuk Sobat bawa sebagai buah tangan.

Gatot cemilah khas Gunungkidul
Gatot cemilah khas Gunungkidul
Sumber: https://inspira.tv

Sobat bisa membeli gatot instan ini di toko Gatot Tiwul Yu Tum Jl. Pramuka No.36, Pandansari, Wonosari. Harganya juga relatif terjangkau sekitar Rp12.000,00 hingga Rp25.000,00 per kotak. Jika sobat sedang wisata ke area Gunungkidul sobat bisa mampir ke Gatot Tiwul Yu Tum yang buka stisa hari mulai pukul 06.00-20.00 WIB.

3. Walang Goreng

Selain tiwul, Gunung Kidul juga tidak bisa terpisahkan dari oleh-oleh khasnya yakni walang goreng atau belalang goreng. Panganan ini terbuat dari belalang berukuran besar dengan tambahan bumbu yang khas. Terdapat tiga varian rasa yang bisa Anda pilih yakni belalang goreng manis, gurih, dan pedas. Dari segi tekstur, belalang goreng ini sangat renyah dengan sensasi mirip udang.

Walang Goreng
Walang Goreng
Sumber: https://salsawisata.com/

Biasanya Sobat bisa menemukan pedagang belalang goreng ini di tepian jalan menuju Gunung Kidul.Atau sobat bisa datang ke salah satu produsen walang goreng Alda Shop di Ngasemrejo, Ngawu, Kecamatan Playen, Gunung Kidul. Outlet buka setiap hari mulai pukul 08.00-20.00 WIB. Harganya sendiri berbeda-beda tergantung ukuran kemasan yang Anda beli. Untuk kisaran harganya sendiri sekitar Rp10.000,00 hingga Rp25.000,00 per kemasan. Belalang goreng ini pas sekali Sobat jadikan buah tangan khas Jogja selain bakpia.

4. Kerupuk Singkong dan Manggleng

Selanjutnya ada oleh-oleh khas dari Gunung Kidul adalah Kerupuk Singkong. Bentuknya tidak jauh berbeda dari kerupuk biasa namun dengan rasa gurih yang khas. Kerupuk ini berwarna putih kekuningan mirip dengan opak singkong yang menjadi oleh-oleh khas Wonosobo. Selain membeli matangnya, Sobat juga bisa membawa pulang kemasan mentahnya. Harga kerupuk mentahnya ini juga lebih murah dari kemasan matangnya. Satu kilogram kerupuk singkong mentah ini bisa Sobat dapatkan dengan harga Rp. 30.000 saja.

Kerupuk Singkong khas Gunungkidul
Kerupuk Singkong khas Gunungkidul
Sumber: https://salsawisata.com/

Olahan singkong yang juga tidak kalah enak untuk sobat jadikan oleh-oleh adalah mangleng. Mangleng sendiri merupakan keripik singkong dengan bentuk memanjang dan berukuran kecil. Pilihan rasa keripik ini juga cukup banyak ada yang gurih, pedas, manis, atau pedas manis. Mangleng ini sangat cocok Anda jadikan camilan saat bersantai di sore hari. Untuk harganya juga tidak terlalu mahal sekitar Rp. 12.500 hingga Rp. 25.000 tergantung rasa dan kemasannya. sobat juga bisa menemukan keripik ini di toko oleh-oleh khas Solo yang terkenal namun dengan nama Balung Kethek.

5. Peyek Rumput Laut


Keripik Rumput Laut
Keripik Rumput Laut
Sumber: https://salsawisata.com/

Selanjutnya kalo sobat mengunjungi pantai di gunung kidul, oleh-oleh dari hasil laut yang bisa sobat dapatkan di Gunung Kidul adalah peyek rumput laut. Rasa gurih dan aroma rumput laut yang khas jadi kenikmatan utama peyek satu ini. Dari bentuknya, peyek ini mirip dengan peyek bayam yang menjadi makanan khas Depok yang mudah dibuat dengan warna hijau yang kentara. Namun dari segi tekstur, peyek ini lebih tebal dan renyah. Harganya juga sangat murah hanya Rp. 5.000 per 250 gram. Jika tertarik, peyek rumput laut ini bisa sobat dapatkan di kawasan Pantai Baron atau pantai-pantai di sekitarnya.

5. Pathilo

Gunung Kidul ternyata juga punya versi rengginangnya sendiri lho sobat.. yakni pathilo. Berbeda dengan rengginang biasa yang menggunakan ketan, pathilo ini menggunakan singkong sebagai bahan utama. Pathilo memiliki rasa khas tersendiri karena terbuat daei singkong dan bentuknya tetap sama seperti rengginang biasa yang renyah dan gurih.

Pathilo (Rengginang Khas Jogja)
Pathilo (Rengginang Khas Jogja)
Sumber: https://www.lazada.co.id/

Sobat bisa membeli pathilo ini dalam keadaan matang maupun mentah. Untuk rengginang mentahnya sendiri biasa dibanderol dengan harga sekitar Rp. 6.000 hingga Rp. 8.000 per kilo. Pathilo ini cocok sekali menjadi pilihan sobat yang ingin variasi baru menikmati rengginang.

Bagaimana, sudah punya pilihan oleh-oleh yang ingin Anda beli di Gunung Kidul...? Jika masih bingung bisa nih langsung menghubungi Admin Ardes di https://www.ardestourjogja.com/ atau di sosial media Ardes @ardestourindonesia. Jadi tunggu apalagi...? mau liburan yang mudah dan menyenangkan sudah pasti Ardes Tour pilihannya.
See You Sobat...
Blog Post Lainnya
Social Media
Kontak & Alamat
02742850086
085266985956
082220164585
085156574792
085174168248
ardestour@gmail.com
Pembayaran
-
-
Ardes Tour Indonesia 2024